Human Capital Management

Seberapa pentingkah hcm bagi perusahaan?

apa itu human capital management?

Menurut Bontis (1999) mendefinisikan human capital adalah human capital mewakili faktor manusia dalam organisasi yang merupakan gabungan antara intelegensia, keterampilan, dan keahlian yang memberi karakter tersendiri pada organisasi. Unsur manusia dari organisasi adalah mereka yang mampu belajar, berubah,berinovasi, dan memberikan dorongan kreatif yang jika dimotivasi dengan benar akan menjamin kelanggengan jangka panjang organisasi. Human Capital Management adalah memandang manusia sebagai sumber kunci dalam organisasi, bukan hanya pendukung dalam melaksanakan tujuan organisasi tersebut. Human Capital Management memiliki tanggungjawab atau job description seperti, Melakukan proses rekrutmen karyawan, Menyusun struktur organisasi perusahaan, Mengukur beban kerja karyawan, Mengolah data perusahaan dan karyawan, Mengurus gaji karyawan, dan sebagainya.



PERBEDAAN HUMAN RESOURCES MANAGEMENT & HUMAN CAPITAL MANAGEMENT

Human Resources Management

Human Resources adalah memastikan sumber daya manusia menjadi supporter dalam pelaksanaan strategi bisnis, dengan segala yang ada pada dirinya.

Human Capital Management

Human Capital adalah strategi mengoptimalkan talenta untuk menghasilkan atau mencipta value yang digunakan untuk mengaktualisasi dan mempercepat tercapainya strategi bisnis yang efektif dan efisien.

SKILL YANG DIMILIKI HUMAN CAPITAL MANAGEMENT

Intelektual

Intelektual tidak selalu berpatokan pada tingginya tingkat pendidikan seseorang. Banyak orang yang tidak memiliki pendidikan tinggi, akan tetapi karena dia seorang pemikir, hasil pemikiran dan gagasannya berkualitas dan memiliki nilai sehingga bisa diterima oleh masyarakat.



Emosional

Kemampuan seseorang dalam mengelola emosinya, dan memahami emosi orang lain sehingga mampu mengambil tindakan paling tepat dalam berinteraksi dengan orang tersebut.



Sosial

Kemampuan manusia untuk saling menghargai perbedaan yang terjadi dan hidup, kemampuan inilah yang akan membuat seluruh karyawan bersinergi dalam perbedaan sehingga dapat bekerjasama untuk meningkatkan kreativitas setiap individu dalam perusahaan.



Moral

Kemampuan karyawan dalam mengintegrasikan nilai-nilai moral dalam berperilaku, bertanggung jawab pada pekerjaan, memiliki sifat penyayang dan peduli sesama, serta bersifat pemaaf dengan tidak membalas perlakuan karyawan lain yang tidak menyenangkan.



BERBAGAI MASALAH YANG DIHADAPI HUMAN CAPITAL MANAGEMENT

Management Kerja Perusahaan yang Belum Maksimal

Bisa dikatakan di bawah standar yang sesungguhnya. Karena tidak ada pendekatan dan taktis yang strategis dan efisien, sehingga perusahaan perlu fokus terhadap permasalahan ini.

Analisa Tenaga Kerja yang Belum Handal

Banyak HR yang menyadari bahwa karyawan pada dasarnya memang sebuah aset perusahaan yang istimewa, tetapi mereka juga banyak yang mengakui jika mereka seringkali tidak menggunakannya secara maksimal, bahkan terkadang tidak bergerak seiring dengan dengan sebagaimana yang seharusnya, seperti melakukan pengurangan karyawan tapi tidak mencari penggantinya, dan kurang tepat menghitung jumlah karyawan yang diperlukan.

Perubahaan Sistem Kerja yang Malah Merugikan

Seharusnya dalam setiap perubahan perlu adanya langkah antisipasi untuk mengimbangi segala sesuatu yang sifatnya mendadak. Namun, jika HR tidak mengenal lebih dalam dan tidak memperhatikan dampak, perubahan sistem akan merugikan, bukan menguntungkan.

Cost yang Tinggi

Jika HR tidak pintar dalam menentukan strategi yang efektif, akan menambah biaya yang dapat merugikan perusahaan, karena nya pun tidak menghasilkan sesuatu yang positif.

Dari permasalahan yang ada, kita menjadi tahu bahwa Human Capital Management itu sangat penting adanya, Mengapa?

Jika kita bertanya mengapa HCM sangat penting, jawabannya adalah banyak alasan yang dapat menjelaskannya. Salah satunya adalah karyawan, saat karyawan menjadi aset perusahaan, maka karyawan adalah objek yang harus dijaga dan dilindungi. Karyawan merupakan individu yang yang menghabiskan banyak waktu setiap hari untuk bekerja dan berkontribusi bagi keberhasilan suatu perusahaan. Sehingga dapat dikatakan keberhasilan atau kegagalan perusahaan sangat bergantung kepada sumber daya itu sendiri.

Selain karyawan yang menjadi pusat perhatian perusahaan, tanggung jawab besar juga ada pada manajemen sumber daya nya yaitu HR. Langkah yang bisa dilakukan untuk menyukseskan target ini sendiri adalah dengan menerapkan kebijakan, menciptakan kondisi yang kondusif, dan memberi motivasi kepada karyawan agar dapat memiliki tujuan yang jelas, terus berlatih,dan terus terlibat di dalam aktivitas perusahaan.Dari hal tersebut bisa kita lihat seberapa penting Human Capital Management memainkan peran penting dalam membantu departemen HR meningkatkan produktivitas dan kebahagiaan secara keseluruhan dari karyawan yang ada.



Karena HCM itu PENTING , maka perlu ada strategi yang perlu diterapkan oleh Perusahaan..

Menentukan Visi yang Jelas

Lakukan analisis terhadap karyawan perusahaan, dan diskusikan serta kumpulkan data dari stakeholder, agar Anda mengetahui harapan dan kebutuhan mereka. Cara ini bisa menjadi landasan untuk Anda menentukan Visi untuk kedepan.

Berkolaborasi Dengan Teknologi

Salah satu strategi yang diperlukan untuk HCM adalah berkolaburasi dengan teknologi. Apalagi di masa pandemi ini, untuk megatur karyawan secara keseluruhan harus dilakukan dengan automasi. Apalagi jika perusahaan Anda memiliki jumlah karyawan yang sangat banyak.

Bagaimana Cara HCM Berkolaborasi Dengan Teknologi?

Tentunya Anda harus bisa menemukan konsultan IT HCM yang berpengalaman, terpercaya, dan mengerti akan permasalahan HCM yang perusahaan Anda hadapi. Dapat menjelaskan teori dan praktik yang berhubungan dengan permasalah yang dihadapi. Dan yang tak kalah penting adalah memberikan solusi melalui konsep, ide, dan implementasinya.

GIT sebagai Konsultan HCM Anda, Dapat membantu menganalisis kebutuhan Anda dan menerapkan strategi dan solusi yang tepat untuk perusahaan Anda. Penerapan teknologi HCM yang berhasil mengharuskan Anda mempertimbangkan variabel yang melampaui pemilihan dan penerapan sistem, seperti preferensi tenaga kerja, model operasi bisnis, mengelola perubahan, dan harapan pemangku kepentingan. Dengan pengalaman kami dalam memberikan penerapan yang sukses, GIT adalah mitra pilihan Anda dalam teknologi HCM