Wajib Tahu! Ini Dia Tarif BPJS Kesehatan Tahun 2021

Gitters, sudah tahu belum? Per tanggal 1 Januari 2021, BPJS Kesehatan mengalami penyesuaian tarif yang berbeda dari tarif yang berlaku pada tahun sebelumnya. Hal tersebut terjadi akibat terjadinya pengurangan subsidi pemerintah.


Adapun kenaikan tarif BPJS Kesehatan ini sudah ditetapkan dalam Peraturan Presiden Nomor 64 Tahun 2020. Memang kenaikan tarif BPJS Kesehatan sudah beberapa kali mengalami kenaikan, dan penyesuaian tarif di tahun ini dikarenakan pemerintah yang sudah tidak lagi menganggarkan subsidi iuran BPJS Kesehatan agar dapat menyesuaikan pada kebijakan fiskal APBN tahun 2021.


Berikut ini penjelasan tentang penyesuaian tarif BPJS Kesehatan tahun 2021, simak rincian tarif terbaru untuk masing-masing kategorinya ya!

  1. Peserta Mandiri

Untuk kategori ini, kenaikan tarif yang harus dibayarkan oleh masyarakan adalah sebagai berikut:

  • Kelas 1: Rp 150.000 dengan pelayanan kamar kelas 1

  • Kelas 2: Rp 100.000 dengan pelayanan kamar kelas 2

  • Kelas 3: Rp 42.000 dengan pelayanan kamar kelas 3.Tetapi, untuk kelas 3 pemerintah akan tetap memberikan subsidi sebesar Rp 7.000, sehingga iuran yang perlu dibayarkan oleh peserta kelas 3 hanya Rp 35.000 saja.


  1. Peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI)

Untuk kategori Peserta Penerima Bantuan (PBI), iuran BPJS Kesehatan ditanggung oleh pemerintah. Sehingga tidak mengalami penyesuaian tarif BPJS Kesehatan yang terbaru.


PPU Pada Lembaga Pemerintah

Bagi para peserta Pekerja Penerima Upah (PPU) yang di bawah lembaga pemerintahan seperti Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI, Polri, pejabat negara, pegawai pemerintah dan sejenisnya, iuran yang dibayar sebesar 5% dari gaji tiap bulannya dengan rincian 4% akan dibayar pemerintah dan 1% dibayar pribadi. Kebijakan untuk kategori ini masih sama dengan tahun sebelumnya.


PPU Pada BUMN, BUMD dan Swasta

Sama seperti PPU Lembaga pemerintah, iuran BPJS yang harus dibayar adalah 5% dari gaji per bulan dengan rincian 4% bantuan pemerintah dan 1% dibayar secara pribadi.


Keluarga Tambahan PPU

Bagi para peserta BPJS Kesehatan untuk keluarga tambahan PPU yang terdiri dari 4 orang anak, ibu, ayah, dan mertua akan dikenakan iuran sebesar 1% dari upah tiap orang per bulannya.


Veteran, Pahlawan Negara dan Keluarga

Bagi para veteran, pahlawan negara, janda, duda, dan anak yatim piatu dari golongan ini, iuran BPJS Kesehatan akan dikenakan tarif 5% dari 45% gaji pokok pegawai PNS golongan 3/A dengan masa waktu kerja 14 tahun. Iuran ini akan ditanggung oleh pemerintah.


Kenaikan tarif BPJS Kesehatan terbaru di tahun 2021 memang menuai pro dan kontra, mengingat kenaikan tarif tersebut disebabkan karena pemerintah sudah tidak lagi memberikan subsidi di tahun 2021.


Demikian informasi tentang tarif BPJS Kesehatan terbaru tahun 2021, semoga informasi tersebut bermanfaat ya, GItters! Jangan lupa untuk membayar iuran BPJS Kesehatan Anda paling lambat tanggal 10 di tiap bulannya ya!