Tahun 2021, Saatnya UMKM Beralih ke Aplikasi HRIS

Hantaman hebat bagi seluruh industri di Indonesia akibat COVID-19, membuat Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mengalami penurunan pendapatan yang siginifikan di tahun 2020. UMKM sebagai salah satu tulang punggung perekonomian Indonesia diharapkan dapat berperan besar dalam pemulihan ekonomi nasional pada tahun 2021 ini.


Maka dari itu untuk mendorong terwujudnya ekonomi Indonesia yang meningkat di tahun mendatang, pemerintah berkomitmen untuk UMKM pada tahun 2021 agar “go digital”. Pemerintah juga memberikan stimulus sebesar Rp 7,6 triliun sebagai bagian dari program pemulihan ekonomi nasional. Dengan dorongan tersebut, UMKM diajak untuk siap dengan perubahan penerapan sistem bisnis berbasis online. Penerapan sistem bisnis online ini juga dianggap dapat meningkatkan kualitas dan efektivitas UMKM dalam membangun bisnisnya. Tidak hanya dalam hal pemasaran produk dan jasa, namun juga dapat membantu para pelaku bisnis dalam aktivitas administrasi dan kepentingan operasional seperti manajemen karyawan.


Manajemen karyawan atau pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) secara online dipercaya menjadi salah satu hal mendasar yang perlu diperhitungkan oleh para pelaku usaha untuk memajukan bisnisnya. Sistem online dalam bisnis UMKM terbukti dapat lebih efektif dan efisien diterapkan. Ketika operasional usaha Anda berjalan dengan lancar, maka pelaku usaha dapat berfokus pada hal-hal yang mendukung peningkatan profit bisnisnya.


Aplikasi HRIS sebagai salah satu pemanfaatan teknologi di era digital yang dapat membantu pelaku UMKM untuk mengelola data dan kegiatan operasional karyawan Anda. Usaha Anda akan dimudahkan dengan fitur-fitur seperti data entry, pengelolaan gaji, melacak data dan sumber informasi untuk bagian SDM, payroll dan juga pihak manajemen dan akuntansi. Aplikasi yang berbasis cloud ini diharapkan dapat menggantikan sistem pengelolaan data dan SDM yang masih dilakukan secara manual, sehingga memakan waktu yang lama dan ribet. Tak hanya itu, dengan aplikasi HRIS online juga diakui dapat mengurangi tingkat stres kerja pada karyawan Anda.


Berikut empat (4) alasan mengapa Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Anda membutuhkan aplikasi HRIS:

  1. Sistem Penggajian Manajemen HR Menjadi Otomatis

Sistem payroll pada aplikasi HRIS memiliki keunggulan dalam hal perhitungan kewajiban perusahaan dalam memberi kompensasi kepada setiap karyawan perusahaannya sesuai dengan kontribusi yang sudah mereka berikan. Dengan aplikasi HRIS, perhitungan dan pembayaran gaji, lembur dan THR dapat dilakukan secara otomatis.

  1. Minim Human Error

Seringnya terjadi human error saat proses penyimpanan data oleh karyawan hingga perhitungan gaji yang dilakukan secara manual, tentu memakan waktu dan energi yang lebih banyak. Kelelahan pun tidak dapat terhindari, hingga menyebabkan kehilangan fokus dalam bekerja hingga mengalami kesalahan lainnya.

  1. Kelola Data Karyawan Menjadi Lebih Mudah

Urusan administrasi karyawan selalu menjadu hal rumit yang harus dilakukan oleh para pengusaha. Seluruh data-data karyawan yang sangat beragam dan harus disimpan, mulai dari data karyawan, keluarga, kompensasi yang diterima hingga riwayat karir. Rumit bukan? Tenang! Dengan aplikasi HRIS online berbasis cloud yang mengintegrasikan seluruh data karyawan dan juga dimudahkan saat melakukan update secara otomatis, bahkan terdapat sistem yang dapat dilacak oleh semua pihak yang memiliki akses.

  1. Penyimpanan Data Karyawan yang Lebih Aman

Data karyawan Anda merupakan investasi UMKM dalam menjalankan usahanya yang seringkali bersifat confidential. Dengan memanfaatkan aplikasi HRIS online, data-data Anda akan tersimpan dengan aman di server provider cloud Anda.


Itulah informasi yang dapat menambah pengetahun Anda sebagai pelaku usaha UMKM, agar semakin efektif dan efisien. Lalu Anda pasti akan bertanya, aplikasi HRIS apa yang memiliki fitur dan keunggulan untuk membantu UMKM Anda. StarConnect HR jawabannya! StarConnect dengan fitur-fitur lengkap yang akan memberikan manfaat bagi UMKM Anda juga mendukung proses perhitungan gaji, absensi karyawan online, pengajuan cuti, shift kerja, reimbursement dan banyak lagi.


Sudah saatnya beralih ke aplikasi HRIS, dan wujudkan UMKM “go digital” di tahun 2021!