Strategi Pengembangan SDM yang Tepat Bagi Perusahaan

Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh perusahaan untuk membentuk karyawan yang berkualitas dengan keterampilan dan kemampuan kerja yang baik serta loyal kepada perusahaan. Ada banyak cara yang dapat perusahaan lakukan untuk membuat program pengembangan SDM, tidak hanya melalui pendidikan dan pengembangan keterampilan saja.


Mengapa Perusahaan Perlu Melakukan Pengembangan SDM?

Pengembangan SDM sangat dibutuhkan oleh perusahaan agar dapat berkembang secara lebih dinamis. Strategi pengembangan SDM merupakan suatu perencanaan mengenai cara bagaimana kualitas SDM dapat berkembang lebih baik dan memiliki pengingkatan kinerja. Bagi perusahaan, SDM merupakan unsur yang paling penting.

Perusahaan yang mengerti bagaimaan pentingnya strategi pengembangan SDM dan mengetahui apa saja yang harus ditempuh, merupakah perusahaan yang dapat mencapai kesuksesannya. Interaksi juga harus terjalin antara karyawan dan atasan, tidak hanya terikat atas hubungan kerja saja. Oleh karena itu, pengembangan SDM dapat dijadikan sebagai suatu bentuk apresiasi kepada seorang pimpinan terhadap karyawan dalam aspek humanis.


Perencanaan Program Pengembangan SDM oleh Perusahaan

Strategi pengembangan SDM dapat berjalan dengan baik, dengan disertai perencanaan program pengembangan SDM yang matang. Dengan program pengembangan SDM diharapkan mampu membantu tercapainya tujuan dalam menghasilkan SDM yang berkualitas. Tujuan dari program pengembangan SDM adalah sebagai berikut:

  1. Menghindari terjadinya kelebihan atau kekurangan karyawan

  2. Meminimalisir terjadinya kesalahan dalam pelaksanaan tugas-tugas pekerjaan.

  3. Memudahkan proses koordinasi untuk meningkatkan kinerja karyawan secara optimal

  4. Menentukan kualitas karyawan.

  5. Menjamin ketersediaan karyawan di masa sekarang maupun di masa yang akan datang

  6. Menjadi sebuah acuan dalam pelaksanaan tugas-tugas pekerjaan yang menyangkut ketenagakerjaan.

  7. Menjadi sebuah landasan dalam pelaksanaan penilaian karyawan.

  8. Menjadi suatu pedoman dalam menentukan program perekrutan, penyeleksian, dan kedisiplinan karyawan.


Strategi Pengembangan SDM yang Perlu Perusahaan Lakukan

Berikut ini adalah strategi-strategi yang dapat perusahaan lakukan untuk melakukan pengembangan SDM, sebagai berikut:

  1. Memberikan kesempatan pada setiap karyawan perusahaan untuk dapat menyalurkan ide dan pendapat pribadi mereka. Karena karyawan juga berkontribusi dalam suatu perusahaan dalam mengembangkan dan roda penggerak suatu perusahaan. Maka perlu untuk mendengar dan mempertimbangkan ide dan pendapat yang karyawan sampaikan.

  2. Memberikan penghargaan kepada karyawan sebagai bentuk apresiasi atas kontribusinya, dan menaikkan semangat karyawan. Tentu hal tersebut juga dapat memotivasi semangat karyawan lainnya menjadi lebih baik, dan dapat memberikan kontribusi yang besar dalam mengembangkan perusahaan.

  3. Mengadakan program pelatihan bagi karyawan perusahaan. Adapun jenis-jenis pelatihan pengembangan SDM yang dapat perusahaan lakukan, adalah seperti skill training, retraining atau pelatihan ulang, cross functional training, team training, dan creativity training.


Strategi pengembangan SDM sangat perlu perusahaan lakukan di era teknologi saat ini, mengingat banyaknya perusahaan yang saling bersaing untuk mendapatkan tenaga kerja berkualitas. Dengan pengembangan SDM, karyawan dibentuk untuk memiliki kecakapan, kemampuan serta loyalitas dalam melaksanakan perkejaannya di perusahaan.


Di era teknologi saat ini, mengelola karyawan sebagai aset berkualitas yang dimiliki perusahaan memerlukan cara kelola yang tepat pula. Pemanfaatan software HR dalam mengelola karyawaan dan membantu Anda dengan praktis dan modern adalah cara yang tepat. StarConnect hadir menjadi solusi perusahaan Anda. Tunggu apalagi? Sudah saatnya beralih ke StarConnect sekarang juga!