Perusahaan Wajib Memperhatikan Kesalahan Dalam Performance Management

Hai Gitters!


Dalam sebuah perusahaan salah satu hal yang penting adalah performance management. Apa itu performance management? Adalah sebuah proses dimana atasan dan bawahan dapat melakukan tugas tanggungjawabnya yang sejalan, agar target atau tujuan bersama dalam perusahaan dapat tercapai. Performance management yang baik akan membawa perusahaan ke arah keberhasilan yang lebih cepat. Tahukah Anda? Kadang perusahaan sering kali tidak melihat masalah masalah yang ada saat membangun performance management perusahaan. Hal ini menjadi concern yang harus diselesaikan perusahaan. Berikut kesalahan yang perlu perusahaan perhatikan!


  • Proses yang tidak terstruktur

  • Tujuan yang kurang jelas dan tidak sejalan dengan goals perusahaan

  • Kurangnya komunikasi saat menjalankan proses dan tanggungjawab

  • Evaluasi kerja yang jarang


Dari kesalahan-kesalahan yang terjadi, perusahaan perlu perbaikan pada proses membangun performance management. Hal itu dapat dilakukan pada 3 fase berikut ini :


Planning / Perencanaan

Leader yang memimpin proyek performance management perusahaan harus mendiskusikan tujuan dan strategi proses performance management. Dengan menentukan target dan action plan yang jelas, serta pembagian tugas yang disesuaikan dengan masing masing kemampuan team nya. Dalam tahap ini, leader dapat menggunakan metoder S.M.A.R.T.E.R dalam menentukan tujuannya.


Check-in

Tentunya saat sedang menjalankan proses membangun performance management yang baik dan benar, perlu adanya pemeriksaan progress secara berkala, agar evaluasi tidak dapat ditunda dan jika ada hal yang kurang pas dan dikatakan salah dapat diselesaikan dengan cepat. Semakin cepat masalah diperbaiki, proses menuju tujuan akan semakin cepat tercapai. Lakukan lah pemeriksaan progress minimal 1 bulan 1x.


Review

Dari hasil pemeriksaan berkala, perusahaan dapat mengevaluasi masing-masing karyawan. Dalam tahap ini dibutuhkan komunikasi leader dengan benar, agar maksud yang disampaikan dapat diterima karyawan. Tentunya komunikasi yang berjalan tidak hanya komunikasi 1 arah tetapi tidak ada salahnya leader meminta pendapat atau perspektif dari karyawan agar mendapatkan strategi baru yang akan digunakan untuk periode mendatang.


Jadi, intinya perusahaan perlu konsentrasi dengan kesalahan-kesalahan yang terjadi saat menjalankan performance management. Jangan sampai perusahaan lengah dan cuek terhadap berjalannya proses performance management. Kesalahan-kesalahan yang ada, lebih baik diperbaiki sejak awal demi kelangsungan performance management perusahaan kedepannya.