Pertanyaan - Pertanyaan Yang Paling Sering Muncul Saat Interview

Hai Gitters!


Ngomongin soal interview kerja, panggilan untuk interview memang merupakan sesuatu hal yang menarik dan membahagiakan. Sering kita sudah menaruh harapan yang besar saat kita dipanggil interview oleh perusahaan. Namun juga, sering kali pada tahap ini dianggap sangat menakutkan dan menyeramkan bagi sebagian besar pencari kerja, apa lagi bagi mereka yang baru lulus kuliah atau fresh graduate. Wajar saja, karena interview merupakan langkah awal penentu diterima atau tidaknya pelamar di suatu perusahaan. Perasaan gugup, tangan berkeringat, dan otak mendadak blank mungkin saja dirasakan. Apalagi kalau dapat pertanyaan pertanyaan seperti berikut ini :


  1. Ceritakan Tentang Dirimu!

Pertanyaan yang sederhana dan mudah, namun kalau sudah panik bisa membuat otak blank dan berbicara terbata bata. Tetaplah tenang danrendah hati saat menjawabnya. Agar bisa disampaikan dengan lancar.

  1. Alasan Harus Merekrutmu?

Saat berhadapan dengan pertanyaan ini beri jawaban yang mencakup 3 hal penting: Anda tidak hanya bekerja namun dapat menghasilkan hasil yang terbaik, Anda dapat beradaptasi dengan mudah bersama tim dan budaya kerja serta Anda adalah pilihan yang terbaik dibanding kandidat lain.

  1. Rencanamu 5 tahun ke depan

Perusahaan tak ingin mendapatkan karyawan yang suka cepat menyerah dengan keadaan dan cepat berpindah pindah tempat kerja. Karena hal tersebut akan mempengaruhi turn over perusahaan. Turn over adalah keluar-masuknya pegawai yang berpindah. Semakin besar turn over, maka citra perusahaan jadi kurang baik.

3 pertanyaan diatas memang terlihat sederhana, namun terkadang banyak yang sudah terlanjur gugup dan panik, sehingga jawaban yang diberikan tidak maksimal dan tidak konsisten