Pernahkah Anda Bertanya? Anda adalah Orang yang Sibuk atau Produktif?

Istilah bekerja menjadi kumpulan sudut pandang yang berbeda, beberapa orang beranggapan bahwa bekerja adalah sumber pendapatan, ada juga yang beranggapan bahwa bekerja merupakan suatu hobi atau kesenangan, ada juga yang beranggapan bahwa bekerja demi hanya untuk pengalaman. Semua anggapan yang ada adalah benar dan tidak ada salahnya memiliki anggapan yang berbeda.


Dalam dunia kerja yang paling sering kita dengar adalah istilah “Sibuk”, “Tunggu dulu ya, lagi sibuk ngurusin dokumen keuangan”, “Sebentar lagi sibuk, jangan diganggu”. Apakah Anda sering juga melakukan hal yang sama? Pasti pernah dong! Karena memang seperti itu situasinya saat bekerja. Namun pernahkah Anda berpikir, saat Anda sibuk berarti Anda produktif? Atau apakah sibuk itu sudah jelas sama dengan produktif?


Nah, sebenarnya apa sih perbedaan Orang Produktif dan Orang Sibuk? Yuk simak perbedaan sibuk dan produktif!


  1. Orang Produktif mampu memprioritaskan hal yang paling penting, sedangkan Orang Sibuk tidak cukup pandai menentukan prioritas nya. Keduanya memiliki banyak pekerjaan dan aktivitas sehari-hari. Tetapi, dari sekian banyak pilihan itu Orang Produktif hanya ada beberapa yang menjadi prioritas. Sedangkan Orang Sibuk, banyak hal yang diprioritaskan. Hampir semua hal yang ada diprioritaskan.


  1. Jangan salah Orang Produktif bahkan bukan orang yang multitasking, mereka cenderung orang yang fokus. Mereka yang produktif mengerjakan hal secara bertahap dan diselesaikan satu per satu. Sedangkan, orang sibuk kebanyakan multitasking, bisa mengerjakan berbagai jenis pekerjaan dalam satu waktu.


  1. Orang Produktif mengenal kata “Berhenti” dan “Istirahat”, sedangkan Orang Sibuk hanya mengenal kata “Bekerja”. Pada dasarnya orang yang produktif lebih bijak dalam mengenal waktu, ia dapat menentukan waktu bekerja, waktu beristirahat, dan waktu berkumpul dengan keluarga maupun kerabat. Lain hal dengan Orang Sibuk, orang sibuk cenderung memakai waktu nya lebih banyak ke arah pekerjaan, sampai terkadang weekend nya tetap dipakai untuk bekerja.


  1. Tujuan hidup Orang Produktif itu jelas, sedangkan Orang Sibuk melakukan pekerjaan karena sekedar formalitas dan tanggungjawab saja. Banyak kegiatan dan aktivitas yang dikerjakan, apakah memiliki tujuan? Pertanyaan yang sebaiknya Anda tanyakan pada diri sendiri. Orang Produktif akan selalu memiliki tujuan saat bertindak dan melakukan aktivitas. Sedangkan Orang Sibuk hanya sekedar memenuhi tanggung jawab dan tidak ada tujuan tertentu.


Dari keempat penjelasan di atas, Anda termasuk Orang Produktif atau Orang Sibuk? Tentukan diri Anda akan mengarah kemana, jangan sampai menyesal di kemudian hari ya!