Peran HR Dalam Meningkatkan Skill Kepemimpinan Karyawan Perusahaan

Hai Gitters!

Sering kita mendengar bahwa “Leadership is Important” , ya benar sekali! Pemimpin itu diperlukan untuk dapat mempersatukan dan memberikan arahan ke arah kesuksesan. Seluruh bentuk komunitas dan organisasi perlu adanya pemimpin yang baik dan benar. Dalam perusahaan, kepemimpinan dapat dilatih dan dibentuk oleh HR yang profesional.

HR profesional mampu menyediakan program yang dapat menjunjung keberhasilan pemimpin perusahaan nya, tidak hanya bagi pemimpin level atas, tetapi bagi karyawan perusahaan pun seharusnya mampu memliki dasar kepemimpinan.


Inilah peran HR dalam meningkatkan skill kepemimpinan karyawan perusahaan :


  1. Merumuskan program yang tepat bagi karyawan

HR perlu mengidentifikasi kebutuhan perusahaan yang jauh lebih spesifik, melihat kembali skill kepemimpinan yang diperlukan, menganalisis kesenjangan kemampuan leadership karyawan antar-divisi, dan menentukan program paling tepat bagi budaya perusahaan dan rata rata karyawannya. Dalam hal ini, dibutuhkan hubungan yang jelas antara strategi dan tujuan inisiatif pengembangan kepemimpinan.


  1. Menilai efektifitas program

HR dapat memantau, mengumpulkan data, dan menilai kembali program pengembangan kepemimpinan sepanjang prosesnya setelah berjalan beberapa bulan. Penilaian yang dilakukan sangat berguna dalam mengetahui apakah program yang diterapkan efektif atau tidak, apakah bermanfaat bagi peserta, apakah karyawan menguasai skill dan kompetensi yang dibutuhkan, dan apakah karyawan akan menerapkan perilaku kepemimpinan di posisinya saat ini.


  1. Mengevaluasi strategi program yang berkelanjutan

HR bertanggung jawab mengevaluasi strategi pengembangan kepemimpinan di perusahaan. Meski evaluasi menunjukkan hasil yang belum optimal, program pengembangan kepemimpinan tetap penting bagi perusahaan. Yang berguna untuk mengidentifikasi potensi setiap top talent beserta skill yang mereka kuasai.


Nah, gimana Gitters? Jadi, kepemimpinan karyawan bisa ditingkatkan dan dilatih lebih lagi oleh HR dengan program program yang efektifseperti yang telah dijelaskan.