Kenali 3 Jenis Kompensasi Karyawan Untuk Perusahaan di Indonesia

Setiap karyawan berhak mendapatkan kompensasi yang layak dari perusahaan, setelah memberikan kontribusi yang mendukung perkembangan perusahaan. Kompensasi karyawan adalah hak yang wajib perusahaan berikan sebagai bentuk hubungan timbal balik antara karyawan dan perusahaan. Kompensasi menjadi salah satu faktor penarik tenaga kerja agar perusahaan mendapatkan SDM yang berkompeten.

Kisaran kompensasi yang diterima karyawan menyesuaikan dengan jabatan dan posisinya masing-masing. Begitu pula dengan pekerjaan yang disesuaikan dengan kemampuan serta kapabilitas yang dimiliki masing-masing karyawan. Pada umumnya, perusahaan akan menginformasikan kompensasi yang diberikan pada bagian surat perjanjian kerja, kontrak kerja atau dokumen sejenis lainnya.

Di Indonesia, ada beragam jenis kompensasi yang diberikan kepada karyawan. Kompensasi sebenarnya dapat diolah menjadi hal yang menguntungkan bagi perusahaan. Dengan pengelolaan kompensasi, perusahaan dapat meminimalisir karyawan atau SDM berkompeten yang berpindah perusahaan karena tawaran kompensasi yang dianggap lebih menjanjikan untuk posisi yang sama.

Untuk mengetahui informasi tentang kompensasi karyawan, Anda bisa simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

KOMPENSASI FINANSIAL BERSIFAT LANGSUNG

Kompensasi ini merupakan yang paling dasar perusahaan berikan kepada karyawannya. Kompensasi ini dikenal dengan istilah upah atau gaji, yang diberikan secara rutin oleh perusahaan setiap bulannya. Besaran kompensasi ini disesuaikan berdasarkan posisi, jabatan dan beban kerja karyawan.

Kompensasi ini bisa berbentuk tunjangan, insentif, pembagian laba, saham, bonus atau komisi dan sebagainya. Kompensasi ini masuk dalam komponen pendapatan bruto karyawan, sehingga memiliki kewajiban membayar PPh 21.

Sistem pemberian kompensasi bersifat langsung saat ini dipermudah dengan bantuan aplikasi HR canggih yang dilengkapi fitur pengupahan. Dengan aplikasi HR, pemberian kompensasi karyawan dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

KOMPENSASI FINANSIAL BERSIFAT TIDAK LANGSUNG

Kompensasi ini disampaikan tidak langsung, karena pihak yang menyampaikan kompensasi ini dilakukan oleh pihak ketiga, bukan perusahaan langsung kepada karyawan.

Bentuk umum dari kompensasi ini adalah asuransi dan jaminan hari tua. Berbagai jenis asuransi seperti salah satunya BPJS Ketenagakerjaan, masuk ke dalam jenis kompensasi finansial bersifat tidak langsung. Iuran diambil dari gaji karyawan untuk membayar program ini. Di Indonesia, mengikutsertakan karyawan dalam program asuransi adalah tanggung jawab perusahaan.

KOMPENSASI FASILITAS

Tentu Anda pernah mendengar pegawai negeri sipil yang diberikan fasilitas berupa mobil dinas dan rumah dinas bukan? Fasilitas tersebut adalah bentuk dari kompensasi fasilitas. Kompensasi tersebut diberikan oleh perusahaan untuk menunjang pekerjaan karyawan agar dapat bekerja dengan optimal dan nyaman, sehingga turut mendukung perkembangan perusahaan.

Kompenasasi fasilitas tidak selalu berupa barang. Di perusahaan swasta, kompensasi ini bisa berbentuk fasilitas kekinian seperti gym, layanan kesehatan, snack gratif, fleksibilitas jam kerja dan masih banyak bentuk lainnya.

Dengan iklim kerja yang nyaman, tentu karyawan dapat termotivasi dalam bekerja. Kompensasi fasilitas menadi keunggulan dari berbagai startup, khususnya di Indonesia.

Apapun jenis kompensasinya, hal tersebut merupakan hak yang wajib perusahaan berikan kepada karyawan. Kompensasi menjadi cara perusahaan mengapresiasi karyawan atas kontribusi yang sudah diberikan.

Maka dari itu, pemberian kompensasi harus dilakukan dengan cermat dan sesuai dengan data yang tepat. Untuk mempermudah dalam proses perekaman data, diperlukan sebuah database yang menjadi acuan HR dalam mengelola dan memberikan kompensasi kepada karyawan.

StarConnect by HR menjadi salah satu aplikasi yang menawarkan kemudahan bagi perusahaan dalam mengelola dan memberikan kompensasi kepada karyawan. Penggunaan StarConnect by HR yang praktis, dapat membantu Anda mengerjakan administrasi pengupahan dengan efektif dan efisien. Penghitungan gaji, insentif, iuran asuransi, perhitungan absensi, pembayaran pajak dapat dilakukan dalam satu aplikasi HR, seperti StarConnect by HR.

Jadi, tunggu apalagi? Segera hubungi kami melalui situs resmi untuk informasi lebih lanjut ya, Gitters!