Ingin Mempromosikan Karyawan? Cek Dulu Indikatornya!

Promosi jabatan dalam sebuah perusahaan adalah hal yang lumrah terjadi. Hal ini biasanya terjadi ketika seorang karyawan menunjukkan kinerja yang baik dalam bekerja dan memberi hasil yang berkualitas dalam tugas-tugas yang diberikan perusahaan. Dengan memberikan rekomendasi, maka karyawan akan menerima fasilitas lebih baik diikuti oleh tanggung jawab yang lebih besar oleh perusahaan agar karyawan dapat memberikan kontribusi lebih besar.

Melakukan rekomendasi atau promosi karyawan, tentu memerlukan indikator yang harus dijadikan acuan khusunya oleh HR perusahaan. Indikator ini menjadi panduan bagi HR untuk menilai apakah karyawan layak untuk diberikan rekomendasi dan menerima tanggung jawab yang lebih besar dari perusahaan.

Walaupun indikator ini masih berbentuk konvensional, namun indikator ini menjadi ukuran dan syarat yang penting apakah karyawan cocok untuk dipromosikan jabatan yang lebih tinggi. Berikut in adalah indikator yang bisa Anda gunakan sebelum merekomendasikan karyawan:

Selalu Datang Tepat Waktu

Dengan melihat waktu kedatangan karyawan ke kantor, menujukkan ia siap untuk bekerja . Karyawan yang konsisten datang tepat waktu menunjukkan semangat dan motivasi yang tinggi, ia juga menyadari bahwa pekerjaan yang dilakukannya memerlukan persiapan yang baik agar memberi hasil yang maksimal.

Dengan tren work from everywhere sekarang, indikator ini tidak mewajibkan karyawan untuk datang ke kantor. Namun Anda dapat mengukur indikator ini dari seberapa cepat ia menyelesaikan.

Percaya diri

Setiap karyawan tentu memiliki kesempatan untuk berpendapat dalam rapat, namun ada saja karyawan tidak berani untuk menyampaikan pendapatnya dan ada juga yang mengambil kesempatan untuk menyampaikan pendapat mereka. Jika karyawan yang ingin Anda rekomendasikan adalah orang yang aktif dan ide yang disampaikannya berkualitas, tentu hal ini bisa menjadi pertimbangan Anda dalam merekomendasikan karyawan

Indikator ini menujukkan bahwa karyawan memiliki kepercayaan diri yang baik. Terlebih jika ia memiliki kemampuan berbicara yang baik didepan umum dan ide yang segar, hal ini menjadi nilai tambah bagi karyawan tersebut.

Pekerjaan Yang Terorganisir

Setiap karyawan memiliki gaya kerjanya masing-masing. Ada yang mengerjakan hasil kerja dengan baik, namun dikerjakan sampai sudah mendekati batas waktu. Ada juga karyawan yang memiliki pola kerja yang teratur dan mampu mengerjakan tugas sebelum batas waktu kerja yang diberikan.

Sebagai seorang atasan ataupun HR, Anda bisa menjadikan gaya kerja karyawan sebagai indikator untuk menilai karyawan mengerjakan tugas dengan efektif. Keefektifan karyawan dalam mengatur waktu kerjanya, menunjukkan kualitas seorang karyawan yang pantas untuk dipromosikan menerima tanggung jawab yang besar.

Karyawan Yang Peka

Selain tepat dan cepat dalam bekerja, sebagai atasannya Anda juga perlu memerhatikan apa yang karyawan lakukan setelah merampungkan segala tugas yang diberikan kepadanya.

Karyawan teladan tentu akan melanjutkan pekerjaan lainnya, dan tidak menutup kemungkinan untuk menawarkan bantuan pada rekan kerjanya saat membutuhkan bantuan. Hal ini menujukkan karyawan memiliki kepekaan yang tinggi dengan sesama dan lingkungan kerjanya.

Indikator ini bisa menjadi poin besar bagi karyawan. Dan biasanya karyawan tersebut sangat mudah untuk beradaptasi karena dapat memahami situasi dan merasakan apa yang orang sekitarnya alami.

Bekerja Dalam Tim dan Dapat Memimpin

Mampu bekerja secara individu ataupun dalam tim adalah kemampuan yang diperlukan dalam diri karyawan. Tim kerja yang diperlukan adalah tim yang dapat menyelesaikan kerja dengan cepat. Dengan target yang perusahaan miliki, kerja tim dibutuhkan untuk dapat mencapai tarrget yang ingin dicapai.

Diperlukan effort yang besar untuk mencapai target, maka selain memiliki tim kerja yang baik, ketua tim yang dipilih juga harus dapat mengarahkan dan memimpin anggotanya agar dapat memberi hasil yang maksimal.