INGIN LAKUKAN PERFOMANCE APPRAISAL? LAKUKAN 4 TIPS PENTING INI!

Performance appraisal merupakan hal penting yang perlu perusahaan lakukan, untuk memastikan bahwa setiap posisi didalam perusahaan sudah terisi dengan karyawan yang tepat. Proses ini membuat para manajer perlu melakukan komunikasi dengan karyawan dan pimpinan, sehingga kerap kali dianggap sebagai proses yang rumit dan juga membuat jantung para karyawan jadi berdebar-debar!

Di mana para manajer dan juga HR harus mempersiapkan pertanyaan-pertanyaan terbaik untuk diajukan kepada para karyawan. Bagi beberapa perusahaan hal ini mungkin tidak terlalu sulit untuk dilakukan, mengingat pelaksanaannya yang dilakukan secara berkala setiap tahun, per enam bulan, hingga per empat bulan. Tapi bagi mereka yang belum pernah melakukannya, tentu hal ini menjadi aktivitas yang rumit dan memakan waktu yang banyak.

Tapi, tenang saja! Kali ini GIT akan membagikan empat tips yang akan membantu persiapan performance appraisal perusahaan Anda jadi lebih praktis. Yuk simak tips-tips di bawah ini!

  1. Tekankan apa yang Anda ingin karyan Anda pelajari dan tingkatkan

Daripada Anda hanya menyampaikan apa saja proyek yang karyawan lakukan dengan baik dan butuh ditingkatkan, Anda dapat mendukung kinerja karyawan dengan menyampaikan apa yang Anda ingin karyawan lakukan setelah melakukan performance appraisal ini dan apa yang dapat perusahaan lakukan untuk mendukung karyawan berkembang dan bertumbuh.

2. Merenungi masa lalu, dan kembali fokus ke masa depan

Merenungi masa lalu memang perlu, namun kembali fokus pada masa depan jauh lebih penting! Dengan perusahaan memberikan kesempatan kepada karyawan untuk meningkatkan kinerjanya lebih baik lagi, maka karyawan juga dapat menggunakan kesempatan yang ada untuk melakukan cara kerja yang benar dan performa yang selaras dengan tujuan dari perusahaan.

3. Lakukan diskusi dua arah

Dengarkan apa yang karyawan Anda sampaikan, daripada hanya memberinya 'kuliah tambahan' untuk menjelaskan apa yang jadi kekurangan dan apa yang harus mereka tingkatkan. Jadikan sesi ini sebagai sharing diskusi, dan bangun diskusi yang positif dan membangun.

4. Dukung karyawan secara berkejalanjutan

Tiba di akhir proses ini, pastikan bahwa karyawan mendukung apa yang menjadi tujuan perusahaan. Begitu pun sebaliknya, perusahaan juga harus mendukung apa yang karyawan kerjakan untuk meningkatkan produktivitas perusahaan lebih baik lagi. Performace appraisal adalah proses yang tak langsung berakhir saat itu juga, namun proses yang berkelanjutan di mana perlu peninjauan dan evaluasi secara berkala agar dapat meraih tujuan yang ingin dicapai.

StarConnect kini hadir dengan fitur terbaru yang mendukung proses "Performance Appraisal" perusahaan jadi lebih praktis dan efektif, sesuai dengan kebutuhan yang perusahaan Anda inginkan. Tak ada lagi kertas yang terbuang, karena dengan StarConnect software HR pilihan terbaik yang dapat menghemat waktu Anda lebih banyak. Satu aplikasi tanpa ribet, bisa diakses dimana saja dan kapan saja hanya dengan StarConnect.

Kilik di sini untuk informasi lebih lanjut dan dapatkan demo GRATIS StarConnect sekarang juga!