HAL POSITIF YANG DAPAT ANDA AMBIL DARI WABAH COVID-19

Jika kita melihat kembali ke awal tahun 2020, wabah virus corona covid-19 belum menjadi permasalahan yang sangat serius. Bahkan hal itu, tidak semua orang sadar berita mengenai virus tersebut. Dan pada akhirnya pada bulan Maret 2020, PSBB pertama kali diberlakukan, karena tingkat jumlah orang yang terpapar virus corona covid-19 meningkat. Kecemasan dan kekhawatiran terjadi dimana mana, semua orang panik berbelanja kebutuhan cadangan makanan, masker, handsanitizer, sabun cuci tangan, ludas habis tak tersisa. Kepanikan yang timbul menjadi ketakutan di masa depan yang akan datang. Virus ini seolah olah merenggut, segala rencana, dan masa depan kita semua.

Perlahan seiring berjalannya waktu, beberapa dari kita mulai sadar akan dampak yang ditimbulkan oleh virus corona covid-19. Baik itu dampak baik maupun dampak buruk. Sudah hampir 8 bulan kita melalui tantangan dari wabah virus corona covid-19 ini, akankah pikiran kita masih sama cemas nya, dengan awal kita berkenalan dengan virus corona covid-19 ini? Tanpa kita sadar, banyak hal yang positif yang dapat diambil dari wabah virus Covid-19 ini.


Seorang psikolog Samuel Paul Veissière Ph.D. menjelaskan, bahwa ada lima hal positif yang terjadi di tengah-tengah wabah virus corona Covid-19. Seperti yang telah dialihbahasakan dari situs Psichology Today berikut.


  1. Lebih Sadar Akan Kesehatan

Dibalik berita mengenai virus corona covid-19 yang menakutkan, tanpa sadar pola pikir kita berubah menjadi lebih sadar akan pentingnya gaya hidup sehat. Kita juga jadi mengingat untuk peduli dengan sesama dan memaksa diri untuk bisa bekerja sama secara global dengan kompak melakukan social distancing juga isolasi mandiri.


  1. Hampir Seluruh Dunia Dapat Bekerjasama Dengan Sangat Baik

Dunia seakan sedang berbondong-bondong untuk mengalahkan musuh bersama yakni virus corona. Kerja sama dalam skala global itu belum pernah terjadi. Kasus wabah virus corona covid-19 telah membuat semua orang fokus pada hal yang sama dan pentingnya koordinasi juga kerja sama. Pemerintah dunia sekarang mengoordinasikan tindakan pencegahan dengan kerja sama yang belum pernah terlihat sebelumnya.


  1. Manusia Saling Bahu Membahu

Virus ini menjadi salah satu bencana alam yang dapat menyatukan orang dan memicu tindakan solidaritas di antara sesama. Sementara ancaman pandemi, bagaimana pun telah menyatukan seluruh umat manusia melawan ancaman nyata. Manusia saling membantu tanpa perlu melihat suku, ras, atau kepercayaan.


  1. Polusi Udara yang Berkurang

Kesehatan mental yang buruk hingga polusi dan polarisasi yang meningkat, seakan menjadi bukti bahwa masyarakat terlalu sibuk bekerja, konsumsi berlebihan, dan terlalu individulisme. Ketika sosial distancing sedang dilaksanakan di seluruh dunia, kualitas udara menjadi membaik.


  1. Isolasi Mandiri Menjadi Jalur Menjalankan Hobi

Awalnya mungkin sangat berat untuk melakukan segala aktivitas hanya dari rumah. Tapi hal itu perlu dilakukan untuk menyelamatkan kesehatan pribadi dan saling menjaga satu sama lain. Kebijakan isolasi mandiri juga memberi kita kesempatan menghabiskan waktu bersama orang-orang terkasih, dan menemukan waktu untuk mengobrol, membaca, memainkan musik, memasak, dan terlibat dalam semua kesenangan.


Nah, Itu dia beberapa sisi lain yang bisa dibilang positif dari wabah virus corona covid-19 ini. Semoga badai Covid-19 segera berlalu dan kebaikan-kebaikan yang lahir akibat wabah ini terus lestari. Tetap jaga kesehatan Anda, dan ikuti segala protokol kesehatan yang berlaku. Lindungi diri Anda dan keluarga Anda dimanapun Anda berada.