Cara Efektif Mengenalkan HRIS Kepada Karyawan!

Hai Gitters!

Membahas tentang HRIS, pasti bagi kalian yang selalu mengikuti artikel GIT sudah tidak asing lagi mendengar HRIS. Yup! HRIS atau yang biasa disebut Human Resources Information System adalah software atau aplikasi online untuk data entry, melacak data dan sumber informasi untuk departemen SDM, payroll otomatis, dan banyak keuntungan lainnya bagi Human Resources perusahaan.

HRIS berkawan dengan teknologi, otomatis saat perusahaan memutuskan menggunakan HRIS, jelas perusahaan telah menuju transformasi digital. Nah dalam proses transformasi, sering kali dijumpai dengan karyawan yang terbiasa dengan sistem yang manual, kini harus menggunakan sistem yang otomatis.

Lalu, pertanyaannya adalah, bagaimana cara memperkenalkan atau mengedukasi karyawan untuk dapat menggunakan HRIS di perusahaan?


Inilah tips nya!


Pertama, alangkah baiknya perusahaan merencanakan pelatihan bagi karyawan. Pelatihan harus dipersiapkan secara matang, mulai dari tanggal, hingga materi yang akan disampaikan. Rencana yang matang akan menghasilkan hasil yang memuaskan.

Kedua, menginisiasi perubahan. Perusahaan harus mampu memastikan sosialisasi yang dilakukan benar benar membuat karyawan paham akan perubahan, sehingga karyawan dapat bersiap sedia mengalami perubahan di perusahaan.

Ketiga, fokus terhadap satu bidang. Tidak selalu karyawan harus menguasai seluruh bidang atau sistem yang berubah. Sesuaikan pelatihan dengan posisi masing masing karyawan, agar pelatihan dapat tersampaikan dengan mudah dan tepat tujuan.

Keempat, membuat panduan bagi karyawan. Pelatihan memang sangatlah baik dilakukan oleh perusahaan, namun agar lebih efektif, perusahaan sebaiknya memberikan panduan secara tulisan, yang dapat didownload dan diakses dimanapun. Agar karyawan dapat selalu mengulas kebali apa yang sudah didapat dari pelatihan.


Jadi, terapkan 4 cara diatas ya, agar penyampaian kepada karyawan lebih efektif!