Akan kah Robot Menggantikan Karyawan? Ini Faktanya!

Hi Gitters!


Isu mengenai robot yang akan menggantikan karyawan sudah ada sejak jaman Revolusi 4.0. Pada era Revolusi 4.0 menunjukkan bahwa sudah banyak industri yang menggunakan robot sebagai pengganti pekerjaan karyawan yang repetitif. Pada tahun 2013, Bill Gates pernah diwawancarai dan mengungkapkan bahwa robot akan membuat karyawan kehilangan pekerjaan, dan hal ini menjadi ancaman serius bagi karyawan. Dengan demikian, seiring perkembangan robot, mereka dapat melampaui karyawan dalam hal kecerdasan, dan mereka dapat menggantikan karyawan.


Lalu pekerjaan karyawan yang seperti apa yang dapat digantikan oleh robot?

Dikemukakakan oleh Oxford Economics bahwa semakin Repetitif proses kerja yang dilakukan oleh manusia, akan sangat memungkinkan untuk digantikan oleh robot. Contohnya buruh pabrik, transportasi umum, konstruksi, customer service, administrasi bank, dan lain sebagainya.


Tapi tahu kah Anda, kita sebagai manusia tidak perlu khawatir dengan isu yang ada selama ini. Karena pada kenyataannya, banyak pekerjaan manusia yang tidak akan bisa digantikan oleh robot. Bahkan telah bermunculan pekerjaan baru dan sangat memiliki peluang besar kedepannya untuk dijalankan oleh manusia. Contohnya seperti, konten kreator, driver ojol, digital marketing strategy staff, business development staff, dan lebih banyak lagi.


Faktanya kehadiran robot baik dipergunakan sebagai salah satu pendukung manusia untuk bekerja. Keberadaan robot yang memiliki karakter yang cepat dan akurat, dapat membantu manusia dalam pekerjaan yang repetitif dan perhitungan dalam jumlah yang besar. Lebih baik jika karyawan diarahkan kepada pekerjaan yang lebih strategis dan lebih bermanfaaat bagi tujuan perusahaan kedepan.