5 Teknik Wawancara Ala HRD yang Efektif

Hai Gitters!

Ngomong ngomong soal HRD, kita semua tahu bahwa HRD tidak terlepas dari yang namanya wawancara kandidat. Proses demi proses dilakukan oleh HRD agar bisa mendapatkan karyawan terbaik dari segi kemampuan dan attitude.


Nah, ada tips untuk HRD agar proses wawancara HRD lebih efektif dari sebelumnya :


  1. Wajib Well Prepared!

Kenapa harus bersiap sematang mungkin? Gunanya agar HRD tidak kebingungan dan keluar garis saat interview kandidat. HRD harus telah menyiapkan tipe kandidat yang dicari, tentunya keterampilan atau skill sangat penting ya Gitters! Tapi tidak lupa dengan sikap masing masing kandidat.


  1. Tunjukkan Sikap Yang Profesional

Bersikap profesional bukan hanya sekedar ingin terlihat profesional, tetapi sikap profesional menunjukkan bahwa Anda menghargai dan menyambut kandidat dengan baik. Sikap yang profesional dapat meyakinkan kandidat untuk menjawab pertanyaan Anda dengan baik dan jelas. Jadi sikap profesional ini akan menguntungkan bagi kedua pihak lho Gitters!


  1. Padat, Singkat, Jelas!

Menjadi HRD memang tidak mudah ya Gitters, Anda harus menjadi orang yang sabar dalam menghadapi karyawan dan calon karyawan. Nah, saat HRD melakukan wawancara, yang paling penting adalah HRD dapat menjelaskan struktur wawancara nya. Penjelasan dapat dilakukan dengan berisi, penyampaian yang singkat, dan yang tidak kalah penting harus jelas. Penjelasan bisa diulang kembali untuk meyakinkan kandidat, dan jika perlu bisa disampaikan kepada kandidat, apakah kandidat ingin bertanya lagi.


  1. Perusahaan Harus Cocok Dengan Kandidat

Menjadi tugas penting lagi bagi HRD saat menjalankan interview, kecocokan kandidat dengan budaya perusahaan itu penting lho!. Sebagai HRD harus pintar melihat gerak gerik atau tanda pada saat wawancara, apakah secara pribadi akan cocok dengan perusahaan. Dan bisa juga HRD menyampaikan pertanyaan seperti, “Anda lebih suka bekerja individu atau tim?”. Jika perusahaan Anda mengutamakan kerja dalam tim, mungkin kandidat perlu dipertimbangkan lagi.


  1. Tindak Lanjut!

Nah poin penting terakhir, yang perlu dilihat oleh HRD. Kandidat perlu kita treat dengan baik, pada saat ia diterima atau tidak. Saat kandidat belum diterima di perusahaan, alangkah baiknya HRD tetap mengabari kandidat, jangan sampai digantungi. Hal ini akan membuat kandidat kesal, dan akan berdampak pada reputasi perusahaan. Begitu juga dengan kandidat yang diterima, sebaiknya ucapkan email terimakasih pada kandidat tersebut.


Jadi, apakah sudah jelas Gitters? 5 cara wawancara di atas, akan jauh lebih efektif jika dilakukan dengan baik dan sesuai dengan porsinya. Tidak perlu ribet lagi untuk urusan waktu wawancara..